Lovebird Tidak Mau Kawin, ini Ciri-ciri dan Solusinya!

Lovebird Tidak Mau Kawin - Sering kali kita jumpai permasalahan lovebird yang tidak mau kawin dengan pasangannya, hal ini akan sedikit membuat jengkel lantaran produksi ternak harus terus berjalan.

Untuk pasangan lovebird muda, hal ini sudah lumrah kita jumpai, namun bila pasangan lovebird tersebut sudah pernah melakukan perkawainan dan sering bereproduksi hal ini menjadi suatu kejanggalan.

Kali ini Lovebird Nusantara akan memberikan solusi permasalahan lovebird yang tidak mau kawin dan seperti apa ciri-ciri lovebird agar mau kawin? simak semua informasinya dibawah ini.

Solusi Lovebird Tidak Mau Kawin


Lovebird Tidak Mau Kawin

Apa penyebab lovebird tidak mau kawin?
Untuk pasangan muda biasanya salah satu lovebird belum birahi lantaran faktor umur yang belum cukup diantara jantan dan betina.

Lovebird mungkin terlihat berjodoh, bisa kita ketahui tidak ada tingkah laku agresif yang dilakukan oleh pasangan lovebird, terlihat akur namun tidak mau melakukan perkawinan, faktor ini bisa kita simpulkan lovebird tersebut tidak berjodoh. 

Lovebird terlihat akur dan selalu berdampingan tapi kenapa tidak melakukan perkawinan, padahal keduanya saling meloloh?. Untuk faktor ini biasanya lovebird bisa jadi sesama jenis karena walaupun sesama jenis, tingkah laku lovebird cenderung mirip seperti jantan dan betina.
Bagaimana cara mengatasi lovebird agar mau kawin?
Tidak bisa kita pungkiri usia dewasa yaitu 8-9 bulan adalah usia yang baik untuk calon pejantan dan betina memasuki masa kawin. Apabila usai belum mapan tentu lovebird tidak mungkin kawin sebab belum birahi.

Yang terpenting sobat kicau yakin kalau kedua lovebird tersebut berkelamin jantan dan betina.

Lalu bagaimana cara mengatasi lovebird tidak mau kawin saat usia lovebird mapan?, berikut caranya:

  1. Berikan pakan bergizi seperti campuran biji-bijian yang bisa kita beli di toko burung, seperti kuaci, canary seed, gambah merah dll.
  2. Berikan pula extra fooding tambahan seperti, jagung, kangung, apel 2-3 kali dalam seminggu.
  3. Saat penjodohan berikan vitamin perangsang birahi kepada pejantan dan betina agar cepat kawin. Perangsang tersebut khususnya mineral untuk pembentukan telur dan suplemen vitamin untuk mengangkat dan menstabilkan birahi. Untuk mineral banyak kawan yang merekomendasikan BirdMineral (BMN) serbuk produk Om Kicau dan untuk kesuburan lovebird menggunakan BirdMature (BMR). (Lihat juga artikel Panduan Ternak Lovebird
  4. Usahakan saat penjodohan pertama kali berlangsung, jangan memasukan glodok dulu.
  5. Masukan glodok jika lovebird sudah terlihat melakukan perkawinan.
  6. Bersihkan kandang secara rutin setiap hari agar lovebird nyaman
  7. Air bersih untuk minum harus diganti setiap hari.
Dan seperti apa ciri-ciri lovebird siap kawin?, simak dibawah ini
  1. Pertama kedua pasangan adalah jantan dan betina
  2. Ciri-ciri yang bisa kita lihat adalah lovebird akan berdampingan dan saling meloloh.
  3. Bila kedua pasangan terlihat sudah dekat, coba pisahkan keduanya untuk beberapa saat lalu pantau tingkah lakunya, bila saling kicau dan menabrak ruji kandang berarti mereka saling suka.
  4. Bila jantan terlihat siap, maka Anda akan melihat sang jantan meloloh betinya dan betina meminta disuapi seperti pasangan yang dimabuk asmara.
  5. Selang beberapa hari lovebird akan kawin, perkawinan berlangsung 1 menit bahkan lebih.
  6. Lovebird betina akan membuka sayap layaknya pesawat terbang dan jantan akan membuahi betina dengan proses perkawinan.

Sobat kicau harus bisa membaca situasi dimana lovebird tidak mau kawin, dengan insting yang kita miliki pasti kita bisa merasakan bahwa lovebird yang kita miliki merasa tidak nyaman, tidak jodoh, maupun terjadi gangguan lain.

Maka dari itu bila Anda adalah seorang yang baru saja belajar berternak lovebird, harus bisa membaca kondisi burung kita sendiri.
Jangan lupa membaca ulasan lengkap cara ternak lovebird paling lengkap klik disini!
Silakan bertanya tentang permasalahan yang Anda miliki bersama sobat kicau mania diseluruh nusantara. Tinggalkan komentar dibawah ini mudah-mudahan Lovebird Nusantara bisa memberi solusi bagi permasalahan Anda.

Label: