Cara Perawatan Lovebird Kena Snot, Ini Obatnya!

Perawatan Lovebird Kena Snot - Pada kesempatan yang lalu kami telah merangkum tentang gejala penyakit lovebird dan cara penangannya, bila belum membaca silakan klik disini.



Tak dapat kita pungkiri bahwa penyakit Snot adalah penyait yang sering menghantui burung lovebird, penyakit ini menyerang daerah sekitar mata dan bila tidak segera diatasi mata lovebird bisa buta selamanya.
Apa saja gejala penyakit snot ini?

Perawatan Lovebird Kena Snot dan Obatnya


Jangan anggap remeh penyakit snot pada lovebird karena snot dapat menyebar dengan cepat melalui udara, wadah pakan, sarang, kontak langsung, air dan masih banyak lainnya.


Berbahaya sekali bila Anda memiliki ternak, beberapa faktor penyebab snot tentu dari kandang yang kotor, fentilasi udara yang tidak baik jadi sirkulasi udara tidak dapat keluar-masuk. Pemberian obat yang salah juga berdampak buruk bagi lovebird, salah memberi obat, malah memperburuk mata dan berakibat kematian.
Bagaimana cara perawatan lovebird kena snot?
  1. Ambil burung lovebird yang terkena snot dan pisahkan dari kawanan lovebird lain dan karantina terlebih dahulu.
  2. Jangan mencampur burung sakit kedalam 1 sangkar, harus diberikan sangkar sendiri-sendiri.
  3. Bersihkan kandang lovebird yang terkena snot dengan disinfektan pembersih sangkar burung, cuci sangkar dan wadah pakan hingga benar-benar bersih.
  4. Jangan mandikan burung lovebird dan jangan dijemur.
  5. Tempatkan lovebird pada ruangan yang sejuk.
  6. Berikan obat anti peradangan, biasanya untuk lovebird flu.
  7. Berikan vitamin agar daya tahan tubuh lovebird terjaga.
  8. Beri pakan seperti biasa.
  9. Pantau perkembangan hingga lovebird benar-benar sembuh.
Antisepti atau desinfektan untuk kandang burung yang recommended?
Apa saja obat snot untuk lovebird?
Kalau terjadi peradangan mata, atau terjadi pembengkaan di mata, perlu juga mata burung lovebird yang sakit diolesi dengan Kitolot Plus yang bentuknya cream harga Rp.75.000 (untuk penyembuhan 5-7 burung).
Ada cara tradisional untuk mengatasi snot yaitu dengan merebus beberapa daun sirih lalu diambil airnya untuk diteteskan pada burung lovebird 3 kali sehari.


Mungkin sobat kicau bisa menambahkan obat stop snot yang ampuh untuk mengatasi penyakit snot pada lovebird. Kami mengharapkan partisipasi Anda untuk sama-sama memberikan solusi bagi para pemula agar tidak terjebak pada obat atau cara yang salah dalam menangani lovebird kesayangannya.

Label: