Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek ala Haji Sigit WMP

Lovebird Telat Ngekek - Tidak bisa dipungkiri kalau burung lovebird saat ini makin banyak peminatnya. Lovebird telat ngekek saat lomba berlangsung, menjadi kendala klasik hampir semua penghobi burung khususnya burung lovebird.

Kenapa lovebird tidak mau ngekek? Banyak cara dilakukan untuk mendongkrak performa burung jagoan untuk bisa langsung ngekek saat lomba berlangsung. Namun hal tersebut masih menjadi momok tersendiri lantaran tidak semua lovebird bisa langsung tampil bagus dalam setiap lomba.


Informasi yang disadur dari Sigitwmp ini bisa menjadi acuan bagi sobat kicaumania ketika akan setting burung jagoannya agar dapat tampil nagen dan langsung ngekek saat lomba dimulai. Bagaimana cara Hj. Sigit menerapkan kepada hampir semua gacoannya? simak caranya dibawah ini.

Mengatasi Lovebird Telat Ngekek ala Haji Sigit WMP

Lovebird Telat Ngekek di gantangan




  1. Cara mengatasi lovebird macet ngekek, mulai H-1 burung tidak dijemur, saat subuh cukup diembunkan saja, burung disemprot lembut hingga basah terus diangin-anginkan dan disimpan/dijauhkan dari burung lovebird lain (Sesuaikan dengan harian lovebird, apakah sering dikrodong atau tidak).
  2. Berikan Pakan dan EF berupa milet putih dan jagung (EF lain sesuaikan dengan karakter lovebird).
  3. Saat hari H, subuh lovebird embunkan kembali, semprot lembut lalu krodong kembali dan taruh ditempat sejuk sampai berangkat lomba.
  4. Saat sampai lokasi gantangan, biarkan lovebird ngekek dulu baru buka krodong.
  5. Gantangkan dimana saja, biarkan ngekek 1-2 kali fungsinya agar lovebird beradaptasi di lokasi lomba.
  6. Bila lovebird ngetik/mompa, artinya birahi lovebird terlalu tinggi, semprot 2-3 kali pada bagian dada lalu segera dikrodong.
  7. Dua sesi sebelum lomba berlangsung bersihkan sangkar, ambil pakan dan minum lalu krodong kembali sampai dibawa masuk gantangan.
  8. Penting! usahakan lovebird jangan sampai ngekek terus, biar stamina tidak habis dan birahi lovebird tidak terlalu tinggi.

Pada dasarnya kita harus mengetahui karakter lovebird jagoan sobat kicau, sobat kicau tentu ingin menjadikan lovebird fighter, lovebird menjadi latah ataupun rajin ngekek saat lomba bukan?

Nah diusahakan jangan memberikan doping berlebih yang membahayakan lovebird, karena bila tidak kuat lovebird bisa mengalami gejala jantung dan lumpuh.
Satu hal lagi, bila sobat kicaumania menyayangi lovebird jagoannya, ikutilah keinginan lovebird jangan lovebird yang harus menuruti keiinginan kita.

Label: