Panduan Lengkap Ternak Lovebird Sukses Untuk Pemula

Ternak Lovebird - Burung Lovebird dilansir dari Wikipedia adalah salah satu burung dari 9 jenis spesies paruh bengkok genus agapornis yang berasal dari bahasa Yunani "agate" yang artinya "cinta" dan "ornis" adalah "burung".

Burung lovebird adalah burung yang memiliki sifat sosial karena di habitat aslinya spesies paruh bengkok ini hidupnya berkoloni, memiliki ukuran kecil antara 13 sampai 17 cm dengan bobot antara 40 hingga 60 gram, memiliki paruh bengkok yang besar dan berekor pendek.

Perlu sobat kicau ketahui 8 dari spesies lovebird berasal dari Afrika sementara satu diantaranya berasal dari Madagaskar yang memiliki jenis warna kepala abu-abu.

Tapi kali ini Lovebird Nusantara akan membagikan beberapa tips tentang cara ternak lovebird yang pastinya sering mengalami kendala terkait dari pemilihan indukan, persiapan sangkar, makanan, vitamin hingga menjual lovebird anakan dan lain sebagainya.

Cara Ternak Lovebird Sukses untuk Pemula


Yang akan kita bahas adalah langkah-langkah yang akan lovebird Nusantara jelaskan secara detail dan informatif. Jangan beranjak dulu, bila ingin memiliki pengetahuan tentang ternak lovebird secara menyeluruh, silakan baca informasinya di bawah ini:

  1. Pemilihan indukan lovebird
  2. Persiapan sangkar lovebird
  3. Pakan ternak lovebird
  4. Vitamin dan extra fooding lovebird
  5. Proses penjodohan lovebird
  6. Proses bertelur, inkubasi dan penetasan
  7. Perawatan lovebird baby
  8. Sortir anakan lovebird prospek

Perlu kami ingatkan jangan sampai terlewatkan artikel panjang tentang 8 proses breeding lovebird agar sukses dan bisa menjadi ladang bisnis sobat kicau semua, jangan bosan dan terus membaca artikel ini sampai akhir.

1. Pemilihan Indukan Lovebird

Pemilihan Indukan Lovebird

Ada beberapa ciri-ciri atau materi calon indukan lovebird yang dibutuhkan untuk penangkaran lovebird sobat kicau mania. Kriterianya sebagai berikut:

  1. Sebagaimana memilih indukan lovebird yang berkualitas dan ideal, salah satunya adalah Anda harus bisa memilih burung yang sehat.
  2. Kedua, kicau mania harus tahu usia ideal bagi induk lovebird, usia yang pas untuk ditangkarkan adalah berkisar antara umur 8 hingga 9 bulan.
  3. Sobat tentu tidak ingin memiliki hasil anakan berpostur kecil bukan? oleh karena itu pilih indukan dengan postur tubuh proposional dalam artian memiliki postur standar layaknya lovebird pada umumnya, memiliki leher yang ideal dengan kepala yang kokoh, kaki tidak cacat serta bulu dan ekor yang rapih.
  4. Bila sobat ingin fokus untuk berternak lovebird lomba, maka pilihlah dari indukan jantan dan betina yang memiliki materi atau durasi ngekek panjang.
Kalau menurut Lovebird Nusantara adakah cara memilih indukan lovebird terbaik?
Ada 3 poin mudah dalam melihat indukan dengan ciri-ciri sebagai berikut:


Dari penilaian di atas bisa kita simpulkan bahwa indukan terbaik adalah indukan yang memang benar-benar sehat secara fisik.

Setelah kita masuk pemilihan indukan lovebird, perlu kami sampaikan pula bahwa pemilihan lovebird harus berdasarkan silsilah yang baik. Lovebird Nusantara tidak membahas tentang warna bulu karena pemilihan warna relatif karena hal tersebut bisa menyesuaikan keinginan breeder.
Sobat kicau mania memiliki breeding lovebird? Bergabung bersama kami untuk mempromosikan hasil penangkaran lovebird yang Anda miliki, Hubungi KONTAK KAMI.
Jangan beranjak dulu karena masih banyak informasi lain yang patut Anda ketahui, berikutnya adalah persiapan untuk sangkar lovebird, cek dibawah:

2. Persiapan Sangkar Lovebird

Setelah kita membaca informasi cara pemilihan indukan lovebird terbaik di atas, maka yang perlu kita ketahui adalah pemilihan sangkar ternak lovebird.

Sudah banyak dijual kandang box atau sangkar lovebird berukuran sedang maupun besar yang bisa sobat kicau mania beli dengan harga bervariasi.

Pemilihan ukuran kandang lovebird tidak jadi masalah, jangan sampai menyusahkan isi dompet, yang terpenting adalah saat lovebird sudah dijodohkan di dalam sangkar, kebersihan adalah faktor utama keberhasilan penangkaran lovebird.

Ada dua cara penangkaran lovebird yang bisa sobat kicau mania pilih, yang pertama adalah sangkar kotak/box "soliter" dan kedua adalah sangkar koloni "voliere"

Ada kelemahan dan kelebihan yang harus Anda ketahui sebelum menangkarkan burung paruh bengkok ini. Lovebird Nusantara akan menginformasikan kedua cara tersebut di bawah ini:

Sangkar Kotak/Box (Soliter)

Sangkar Kotak/Box (Soliter)

Lovebird akan terasa nyaman bila sangkar yang ditempatinya besar dan bersih. Kita sebagai manusia pasti akan setuju bukan?

Berbagai merk sangkar battery yang dapat dipilih, beda merk beda pula kualitas dan model sangkar tersebut. Merk-merk sangkar yang biasa kita lihat di toko burung antara lain Best OneBoomSweetBnR, Dll.

Dengan kisaran harga yang relatif terjangkau maka tidak sulit bagi breeder pemula untuk mencoba ternak lovebird dengan menggunakan media sangkar kotak/box. Harga sangkar kotak berkisar antara Rp. 130.000,- hingga Rp.160.000,- itu sudah termasuk tangkringan dan wadah pakan fullset.

Sobat kicau mania juga perlu Glodok/Gowok (bahasa Jawa) dan alas seperti daun cemara, serabut kelapa, kulit jagung atau serutan kayu untuk tempat lovebird bersarang.
Berapa sih harga yang harus kita bayar untuk membuat 1 unit sangkar kotak?
Lovebird Nusantara akan sedikit memberi contoh bagaimana hitung-hitungan bila membeli 1 unit sangkar kotak beserta isinya.


Jadi Total untuk 1 unit sangkar kotak beserta isinya adalah Rp.160.000,- saja. Mengingat sangkar terbuat dari besi maka sangkar bisa kita gunakan untuk waktu jangka panjang.
Adakah kelebihan dan kekurangan untuk breeding dengan menggunakan media sangkar kotak/box?
Jujur dari pengalaman admin dalam ternak lovebird dengan menggunakan media sangkar box sebenarnya tidak ada kendala berarti. Justru kita malah mudah untuk memantau kondisi lovebird secara lebih dekat karena dapat terpantau terus setiap hari. Seperti memantau lovebird dimasa pengeraman dan setelah penetasan.

Kelemahan biasanya ada pada tempat atau ruangan yang sobat kicau mania miliki. Bila memiliki ruangan sempit pasti akan sangat memakan tempat. Kelemahan lainnya kita akan sulit pada saat penjodohan, Anda sudah pasti tahu bahwa jenis kelamin lovebird susah untuk diketahui, hal ini akan kita bahas pada langkah kelima dibawah.

Nah sudah jelaskan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sangkar kotak? serta kelebihan dan kekuragan yang dimilikinya. Ok kita lanjut pada pembahasan tentang sangkar model koloni, yuk simak dibawah ini.

Sangkar Koloni (Voliere)

Sangkar Koloni (Voliere)


Tentu kita mengetahui beberapa kelebihan sangkar jenis koloni ini yaitu tidak memakan tempat dan lovebird bisa memilih sendiri jodoh yang diinginkannya.

Untuk pemula, hal tersebut mungkin belum dipahami karena untuk memulai membuat kandang koloni, tidak memakan budget cukup besar. Namun bila Anda ahli dalam hal ini mungkin pengeluaran bisa diminimalisir lagi.
Kenyamanan tempat, ruangan dan fentilasi (sirkulasi udara) juga sangat menunjang reproduksi ternak lovebird semakin baik, Jangan lupa untuk memberikan sedikit celah untuk masuknya sinar matahari langsung kedalam ruangan tempat breeding lovebird Anda.
Lovebird Nusantara akan membahasa cara membuat kandang koloni di lain kesempatan, jadi pantau terus artikel kami ya sobat kicau mania.
Apa saja sih kelebihan dari sangkar koloni (voliere)?
Lalu apa saja kekurangan sangkar koloni?

Nah Anda dapat memilih mana sangkar yang cocok untuk memulai ternak lovebird di rumah, Sesuaikan dengan isi kantong Anda, jangan sampai menjadi kerugian buat sobat kicau mania. Nah jangan kemana-mana dulu, pembahasan berikutnya tentang pakan ternak lovebird terbaik yang bisa Anda berikan pada breeding lovebird kesayangan.

3. Pakan Ternak Lovebird


Pakan Ternak Lovebird

Pakan ternak lovebird sangat mudah kita jumpai di toko pakan burung disekitar Anda.

Pakan lovebird yang utama adalah milet putih, memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang mengenyangkan untuk mencukupi asupan kebutuhan tubuh lovebird sehari-hari.

Tak hanya milet putih, ada beberapa biji-bijian yang baik bila kita berikan untuk dikonsumsi lovebird kesayangan diantaranya, canary seed, biji bunga matahari, biji fumayin, kuaci, gabah merah, Biji oat, milet merah, Dll.

Namun kini sobat kicau mania bisa membeli pakan campuran, biji-bijian didalam kemasan pakan campur dengan berbagai biji-bijian yang pastinya baik bagi lovebird kesayangan.
Apa saja sih merk pakan ternak lovebird terbaik?
Banyak sekali produk berkualitas, namun Lovebird Nusantara akan memberikan reverensi beberapa produk terbaik seperti dibawah ini:

BENELUX Primus Lovebird - Pakan import dari Belgia dengan berbagai macam campuran biji-bijian dengan beragam kandungan vitamin yang tentu baik bagi lovebird.

Versele Laga Premium Prestige African Parakeet - Produk pakan eksklusif campuran dari biji - bijian berkualitas dan komplit, diperkaya dengan Vitamin, Asam Amino dan Mineral untuk mecukupi kebutuhan pakan lovebird.

Versele laga Prestige Stick - Merupakan pakan penunjang, dikhususkan untuk memberikan variasi makanan agar lovebird tidak bosan. Terdapat kandungan kacang tanah, almond dan madu.

Premium Kebumen Pakan Lovebird Ebod Jaya - Pakan campuran dari berbagai biji-bijian segar berkualitas, diperuntukan untuk lovebird lomba dan ternak lovebird untuk mencukupi vitamin dan mineral.

Ebod Lovebird - Pakan lovebird lokal berkualitas, berbagai biji-bijian seperti Millet putih, Biji Bunga Matahari, Canary seed, Biji sawi, Millet Merah, Gabah Bangkok, Dll.
Dan masih banyak lagi merk pakan berkualitas yang baik untuk ternak lovebird Anda. Pada lain kesempatan kami akan merekomendasikan pakan ternak dan pakan lomba terbaik untuk Anda.
Jika sobat kicau mania ingin merekomendasikan atau mempunyai produk pakan sendiri, segera menghubungi admin Lovebird Nusantara pada KONTAK KAMI dibagian bawah blog ini untuk bisa kami iklan kan!
4. Vitamin dan extra fooding lovebird

Vitamin dalam budi daya lovebird adalah penunjang reproduksi lovebird agar lebih produktif dan tentu indukan menjadi lebih sehat.

Sobat kicau mania sering kali melewatkan proses ini dan hanya berfokus pada makanan saja, padahal untuk ternak lovebird vitamin menjadi faktor utama penunjang hasil anakan lovebird terbaik.

Memang benar tanpa vitamin tambahan, lovebird juga sudah pasti sehat dengan adanya extra fooding, namun dalam berternak lovebird perlu vitamin tambahan agar lovebird bisa terus memproduksi telur dan anakan yang baik.

Apa jadinya bila lovebird terus saja memproduksi telur dan anakan namun nantinya kualitasnya semakin menurun?

Vitamin Lovebird


Vitamin terbaik yang cocok untuk lovebird telah sering kita jumpai di toko khusus burung, ada produk vitamin dari impor maupun lokal. Lovebird nusantara akan mereview beberapa produk yang nyatanya baik untuk penunjang ternak lovebird.
Merk vitamin apa saja yang baik kita berikan untuk meningkatkan produksi ternak lovebird?
BirdVit

BirdVit adalah multivitamin dan multimineral khusus untuk burung. Selain untuk pengobatan berbagai penyakit karena disefisiensi fungsi organ, juga MENJAGA KESEHATAN LOVEBIRD AGAR SELALU PRIMA.

Kandungan:

Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate; Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Cara pakai BirdVit powder/tepung: Dilarutkan dalam air minum burung. Untuk penggunaan harian (tanpa efek samping) seekor burung, masukkan sekepala (pentol) koreki api tepung BirdVit ke dalam 30-50 cc air (wadah air minum ukuran normal).

Pemberian BirdVit tepung bisa juga dilakukan berbarengan dengan pakan. Untuk seekor burung, campurkan setara setengah kepala (pentol) koreki api tepung BirdVit dengan sesendok teh kroto, atau taburkan ke atas buah, dan berikan ke burung. BirdVit itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jangkrik atau serangga lain lalu diberikan ke burung.

Larutan BirdVit tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung dan larutan tidak boleh digunakan setelah dicampur air selama 4 jam.

Cara pakai / pemberian BirdVit cair: Oles/campur 3-4 tetes ke kroto atau buah atau ekstra fooding (makanan tambahan lain). Khusus untuk burung lovebird, oles-oleskan pada separuh atau seperempat tongkol jagung muda yang disayat-sayat memanjang sehingga cairan bisa masuk dan termakan burung. Untuk burung kenari bisa dioleskan ke telur puyuh rebus atau oles ke buah.

Harga BirdVit tepung 50 gram sebesar Rp. 50.000. BirdVit cair isi 10 ml harga Rp.75.000. Cara Pembelian online bisa tanyakan via WA/SMS/ call ke 082243531111 atau 085727391224.

BirdMature (BMR)

BirdMature adalah hormon dan multivitamin dosis tinggi untuk memacu fertilitas/ kesuburan burung lovebird di penangkaran. Penggunaan utama adalah jika burung ada indikasi infertil, tidak subur, kurang birahi, sulit jodoh, piyikan mudah mati, mudah sakit.

Kandungan BirdMature (BMR) adalah multivitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang bermanfaat untuk kebutuhan utama asupan makan burung indukan dan burung-burung anakan/piyikan, yakni untuk meningkatkan kesuburan/ fertilitas untuk kepentingan penjodohan dan macet produksi.

Fungsi utama BirdMature/BMR adalah meningkatkan fertilitas dan menormalkan fungsi reproduksi burung, meningkatkan daya tahan tubuh piyikan (burung-burung muda), menormalkan sistem kekebalan tubuh piyikan serta menyempurnakan pertumbuhan bulu burung.

BirdMature/BMR sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para penangkar sehingga mencapai produksi burung yang optimal, menjaga kesehatan indukan dan menstabilkan fungsi reproduksi burung.

BirdMature ada tiga bentuk, yakni cair, serbuk di dalam kapsul dan pasta di dalam kapsul jelly. Dengan kandungan yang sama, digunakan secara berbeda sesuai kebiaasaan makan burung.

Untuk burung lovebird kami rekomendasikan BMR serbuk atau BMR cair.

Cara pakai BMR serbuk untuk lovebird:

BirdMature serbuk/powder dalam sachet: Sachet dibuka dan ambil serbuk setara pentol korek api atau seujung sendok takar yang ada di dalam sechet, lalu dilarutkan dalam 50 cc air minum (wadah minuman burung ukuran normal). Berikan untuk burung jantan maupun betina (setelah 4 jam dibuang, diganti air biasa).

BMR serbuk juga bisa ditabur atau oles-oles tipis ke jagung muda yang sudah disayat-sayat (tipis saja mengolesnya karena kalau tebal burung tidak mau makan) atau dioles-oles tipis ke daun kangkung/ sayur lain yang biasa diberikan ke burung lovebird.

Berikan selama 4-6 hari berturut-turut untuk burung kedua burung yang sedang dijodohkan; atau setelah anakan diambil untuk indukan yang sudah beranak.

Larutan BirdMature jangan terkena sinar matahari secara langsung

Sementara itu penggunaan BirdMature cair bisa diberikan dengan cara dioles-oles ke jagung yang sudah disayat-sayat atau oles-oles ke sayuran.

Harga BirdMature/BMR cair sebotol atau per sachet besar (isi 10 sachet kecil) R, 75.000. Cara Pembelian online bisa tanyakan via WA/SMS/ call ke 082243531111 atau 085727391224.

CATATAN KHUSUS PENGGUNAAN BIRDMATURE UNTUK PENANGKARAN:

Sangat disarankan untuk memberikan BirdMineral terlebih dahulu untuk burung-burung dalam tahap awal penangkaran selama 6 hari berturut-turut. Setelah itu berikan terapi BirdMature selama maksimal 7 hari.

Setelah pemberian maksimal 7 hari, tunggu perkembangan selama 7-15 hari berikutnya. Jika belum ada perubahan atau perkembangan pada kondisi burung, lakukan pemberian selama 7 hari lagi dan tunggu perkembangan selama 7-15 hari lagi. Kalau sudah 2 kali masa pemberian tidak ada perubahan, maka kemungkinan besar masalah sulit jodoh atau tidak segera berproduksi bukan terletak pada alat reproduksi/libido dan sebagainya tetapi pada kondisi fisik burung secara umum/kekurangtenangan tempat dan sebagainya.

Apa itu BirdMineral untuk lovebird?

BirdMineral atau biasa disingkat BMN (tersedia dalam bentuk tepung/powder dan cair) adalah obat/suplemen untuk mengatasi dan cegah problem penyakit burung lovebird akibat kekurangan mineral.

Penggunaan utama yang terkait dengan usaha penangkaran adalah mengatasi burung di penangkaran tidak segera bertelur, telur tidak berisi, produktivitas rendah, daya tetas rendah, serta banyak terjadi kematian embrio.

BirdMineral ini secara umum mencegah dan mengatasi juga rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), anak burung menetas cacat, urat keting (tendo), terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah.

Kandungan BirdMineral (BMN) adalah multi mineral antara lain Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin, Kalium, Vit B12, Vit D3.

Cara pakai BirdMineral powder/tepung: Setara pentol korek api untuk satu ekor burung/hari. Tabur ke buah merata (buahnya diukur dengan porsi pasti habis). Untuk burung pemakan biji, bisa diambil setara 4-5 pentol korek api dan campur merata ke bijian sebanyak setengah wadah pakan ukuran normal.

Untuk burung lovebird bisa juga oles ke jangung yang disayat-sayat sedikit agar BirdMineral masuk. Patokan umum: Usahakan BirdMineral masuk untuk satu burung seukuran/setara kepala pentol korek api sehari.

Cara pakai BirdMineral cair yakni dioles-ole ke jangung yang disayat-sayat sedikit agar BirdMineral masuk atau bisa juga dioles-oles ke sayuran (kangkung).

Berikan selama 4-5 hari dan disarankan digunakan rutin untuk semua burung sepekan sekali.


HargaBirdMineral/BMN cair Rp. 75.000, serbuk Rp. 75.000. Cara Pembelian online bisa tanyakan via WA/SMS/ call ke 082243531111 atau 085727391224.

Extra fooding

extra fooding lovebird


Sebenarnya extra fooding adalah pakan penunjang agar lovebird mendapatkan variasi pakan yang lebih optimal. Extra fooding pada lovebird adalah sayuran-sayuran yang disukai oleh burung paruh bengkok ini.

Beberapa extra fooding yang baik bagi lovebird adalah, jagung manis, kangkung, apel (hilangkan bijinya), wortel, mentimun, buah pir Dll.

Cara pemberiannya bisa kita atur sesuai dengan minat lovebird itu sendiri, extra fooding bisa kita berikan 2-3 kali seminggu dengan buah dan sayur bervariasi.

Khusus untuk ternak, hentikan pemberian extra fooding ketika indukan lovebird sedang meloloh anakan. kenapa demikian? faktornya sebagai berikut:


Jadi hentikan pemberian extra fooding saat indukan lovebird meloloh anakan, berikan extra fooding apabila anakan sudah cukup dewasa dan indukan kembali memasuki masa kawin.

Kami harap Anda tidak bosan dengan artikel ini, langsung pada pembahasan berikutnya.

5. Proses Penjodohan Lovebird

Proses Penjodohan Lovebird

Lovebird Nusantara disini akan memberikan info bagi pemula yang baru saja ingin mencoba ternak lovebird.

Admin sarankan untuk langsung membeli Indukan lovebird yang sudah resmi menjadi pasangan, bukan berarti resmi dan sah menjadi suami istri ya, hahaha.

Penting bagi pemula!!!
Beli dan pilih indukan sehat dengan postur yang proposianal, pastikan lovebird tersebut memang sudah berjodoh ataupun pernah bereproduksi. Hal ini akan mengurangi resiko kerugian awal apabila ternyata lovebird tidak jodoh atau jenis kelamin lovebird sama.
  1. Siapkan kandang kotak/box/battery, posisikan tangkringan dan wadah pakan sesuai keinginan Anda.
  2. Masukan burung lovebird kedalam kandang, biarkan burung beradaptasi dengan kandang.
  3. Berikan extra fooding seperti sayuran selama 3 hari dan seterusnya cukup 2-3 kali dalam seminngu
  4. Berikan Vitamin penunjang kesuburan (yang recommended adalah BirdMature produk Om Kicau, lihat penjelasan di atas) selama 3 hari, dan seterusnya cukup 1-2 kali dalam seminggu.
  5. Diawal, jangan taruh glodok dulu, pantau gerak-gerik lovebird apakah siap atau belum, hal ini agar lovebird lebih fokus kepada birahinya.
  6. Bila sudah terpantau kawin, segera masukan glodok.
  7. Berikan alas glodok, kulit jagung, cemara kering, serabut kalapa diatas kandang, lovebird akan membuat sarangnya sendiri.
  8. Dan selalu pantau perkembangan ternak setiap hari.
Di lain kesempatan Admin akan lebih intens membahas ciri-ciri lovebird siap kawin dan akan lebih detail menjelaskan penjodohan lovebird berdasarkan pengalaman breeder yang telah sukses berternak lovebird.

6. Proses Bertelur, Inkubasi dan Penetasan

Proses lovebird bertelur

Proses lovebird bertelur


Bila sudah terpantau kawin, sang jantan dan betina akan mulai membuat sarang didalam glodok yang sudah kita masukan ke kandang.

Dari proses perkawinan tersebut lovebird akan memproduksi telur dalam 10 hari sejak perkawinan. Dalam proses bertelur ini setiap telur memiliki jarak keluar, telur pertama akan keluar diikuti telur kedua, ketiga dst dengan jarak 1-3 hari.

Burung betina yang baru pertama bertelur sangat rentan terhadap gangguan sekitar. Secara insting burung, betina akan protektif terhadap sarangnya dan jantan akan berbunyai keras ketika ada gangguan.
Jangan sering membuka glodok, karena lovebird akan mudah stres dan beresiko tidak mengerami telurnya.
Berikan pakan terbaik, betina akan membutuhkan asupan 30% lebih banyak ketika sedang bertelur. Berikan vitamin dan extra fooding (saran kami adalah BirdMineral) penunjang agar betina dengan mudah menghasilkan telur sehat dan mudah-mudahan isi.

Standart lovebird bertelur yaitu antara 3-6 telur dalam satu fase, banyak tidaknya telur tergantung faktor lain seperti pakan, genetik, dan vitamin pendukung.

Untuk permasalahan tentang gagal bertelur atau lovebird susah bertelur karena sesuatu penyakit, segera Admin bahas pada artikel berikutnya yang dapat di simak pada label khusus ternak lovebird.

Proses Inkubasi (Pengeraman)
Lamanya waktu pengeraman normal pada burung lovebird adalah 21 hingga 23 hari masa pengeraman.
Dimasa inbukasi, asupan pakan dan vitamin harus dijaga jangan sampai over birahi terjadi pada betina yang akan berdampak buruk pada proses perngeraman. Berikan pakan standart dan jagung secukupnya saja tanpa vitamin tambahan.

Bila gizi burung dan kenyamanan kandang terjaga, betina akan lebih maksimal mengerami telur dan menetas pada waktunya. Namun ada kalanya 1-2 telur tidak menetas, bisa dikarenakan telur kosong ataupun tidak terinkubasi dengan baik oleh induknya.

Penting!!!
Diusahakan jangan memindahkan kandang ataupun membuka glodok saat proses pengeraman telur berlangsung.

Proses Penetasan Telur lovebird

Proses Penetasan Telur lovebird

Perlu sobat kicau mania ketahui lovebird mengerami telur dengan pola asinkronisasi yaitu dimana proses inkubasi tidak terjadi secara bersamaan yang artinya setiap telur pertama yang keluar akan menetas lebih dulu, dan telur terakhir akan menetas paling akhir.

Tidak menutup kemungkinan telur terakhir tidak menetas dikarenakan pecah atau terinjak-injak oleh lovebird yang lebih dulu menetas. Jikalau telur terakhir menetas, jangan heran bila anakan terlihat lebih kecil dan kalah dengan lovebird anakan yang lain.

Peternak pemula tak perlu khawatir, ikuti saja alur sang induk betina dan jantan dalam memperlakukan/mengasuh anaknya sesuai dengan insting burung.
Pada Umur 1 minggu anakan lovebird bisa kita pasang ring sebagai tanda pengenal hasil breeding kita.
Berikan pakan biji-bijian terbaik, extra fooding (seminggu 2 kali), dan vitamin seperti Omni-vit.

Dalam ketiga proses ini, Anda harus terus memantau ternakan lovebird Anda, jangan sampai lalai dalam merawat lovebird kesayangan. Perlakukan burung lovebird dengan semestinya, jangan terlalu berlebihan untuk memberikan pakan atau vitamin yang malah membuat lovebird menjadi cepat birahi.

Lanjut keperawatan lovebird baby/anakan, jadi pantengin terus informasi selanjutnya dibawah ini.

7. Perawatan Lovebird Baby


Perawatan Lovebird Baby

Nah panjang juga Admin membahas tentang langkah-langkah ternak lovebird untuk pemula ini. Lovebird Nusantara berharap ada feedback positif di komentar untuk kita bisa berdiskusi tentang masalah ternak lovebird yang pastinya dimiliki oleh sebagian peternak pemula.

Berbicara mengenai perawatan lovebird baby, bagi mereka yang awam tentang permasalahan ini akan Admin bahas tentang cara merawat lovebird anakan mulai umur 2 minggu.

Dalam breeding lovebird, anakan lovebird bisa diambil setalah berumur 2 minggu. Taruh diwadah kotak kecil atau wadah bekas tape yang di kasih serutan kayu agar anakan lovebird tetap nyaman.

Untuk makanannya, sobat kicau mania bisa melolohnya sendiri dengan bantuan alat spet berbentuk tabung suntik yang ujungnya diganti dengan karet pentil atau membeli alat khusus seperti dibawah ini.

alat spet lovebird
Lantas kenapa harus kita ambil setelah lovebird berumur 2 minggu?
Bagi peternak lovebird yang ingin breedingnya terus berproduksi, hal ini perlu dilakukan agar produksi terus berjalan.

Anda harus spet sendiri anakan lovebird hingga anakan bisa makan milet putih sendiri.

Sobat kicau pasti akan mengalami dimana indukan akan membunuh anaknya sendiri yang masih kecil, lantaran birahi indukan naik. Tentu tidak ingin demikian bukan?

Nah caranya kita harus sesegera mungkin memisahkan anak dengan induknya agar hal tersebut tidak terjadi. Lalu induk akan memulai siklus kawin lagi yang akan memproduksi anakan.

Memulai siklus birahi indukan lovebird

Pada fase ini sang induk akan memasuki masa birahi, yang artinya akan ada perkawinan, bertelur dan Inkubasi kembali.

Segera bersihkan glodok dari kotoran burung, boleh membuang alas glodok (bila bersih biarkan saja).

Saatnya memberikan pakan, extra fooding dan vitamin penunjang agar stamina induk Lovebird kembali fit. Mulai dari sini Anda akan memulai dari langkah ke 3 sampai dengan langkah ke 6.

Cara meloloh lovebird baby

Baby lovebird akan kita loloh pada pagi, siang, sore dan malam sampai usai lovebird 1 bulan. 1 bulan keatas cukup diberikan 3 kali sehari saja.

Bahan pakan dan alat yang harus digunakan adalah:

Bahan
Takaran
Bubur Sun rasa apa saja
120 gram
Pakan burung fancy rumput laut
450 gram
Pakan ayam BR 1
100 gram
BirdVit serbuk
10 gram
BirdMineral
10 gram
*Untuk 1 kali loloh 4-6 ekor anakan lovebird
Cara membuat adonan pakan
  1. Siapkan wadah gelas kecil.
  2. Siapkan Spet khusus untuk lovebird.
  3. Campur semua bahan tersebut kedalam gelas.
  4. Tambahkan air secukupnya (jangan terlalu encer).

Cara melihat apakah lovebird sudah kenyang adalah dengan melihat dan meraba temboloknya, bila sudah kenyang tembolok akan membesar. Bila tembolok sudah kosong, segera loloh kembali agar lovebird sehat dan aktif  kembali.
Bagaimana cara melolohnya? simak video dibawah

Itulah cara merawat anakan lovebird hingga berumur 2 bulan dan bisa makan sendiri. Berikutnya adalah tahapan terakhir dimana kita akan memilih lovebird yang akan dijadikan penerus dan mana yang untuk kita jual. Simak ulasan terakhirnya dibawah ini.

8. Sortir Anakan Lovebird Prospek

Sortir Anakan Lovebird Prospek
Peternak lovebird yang sukses adalah peternak yang berhasil membudidyakan lovebird secara berkala dan di data sesuai perkembangannya.
Kita ambil 1 contoh, bila dalam 4 lovebird yang berhasil kita ternak hingga tumbuh dewasa. Maka 2 diantaranya akan kita ambil sebagai penerus dan 2 akan kita jual sebagai keuntungan, beli pakan dan kebutuhan lain yang mungkin tidak Anda kira.

Pilih 2 anakan yang layak untuk dijadikan indukan dimasa depan, sobat kicau mania bisa melihatnya dari postur, bulu dan suara. Jelas kita tidak bisa mengetahui jenis kelaminnya namun tetap kita harus mengambilnya sebagai indukan kelak.

Jangan sampai 4 anakan tersebut dijual, memang akan untung, tapi Anda tidak memiliki data dan silsilah asli hasil penangkaran Anda sendiri. sudah jelaskan?
Bagaimana menjual hasil ternak lovebird sendiri?
Saat ini sudah sangat mudah menjual lovebird dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui media Online.

Seperti Lovebird Nusantara, kami juga memberikan wadah bagi para peternak burung lovebird untuk menjual hasil ternaknya. Karena peternak memiliki data hasil tangkaran yang bisa menjadi acuan untuk pembeli melihat kualitas lovebird tersebut.

Peternak lovebird akan kami review dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat Anda jawab (seperti wawancara melalui online).
Anda seorang breeder lovebird? pengerajin sangkar lovebird? atau memiliki produk pakan dan vitamin sendiri? mari bergabung bersama kami untuk mengembangkan usaha Anda semakin maju!!!
Bila berminat kami wawancara melalui media online, silakan menuju halaman KONTAK KAMI pada bagian bawah blog ini.
Demikian panduan lengkap ternak lovebird sukses bersama Lovebird Nusantara, banyak kekurangan yang kami miliki dan besar harapan sobat kicau mania memberikan respon pada bagian komentar dibawah artikel ini.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sangkar, asupan pakan dan gizi, memberikan air bersih yang diganti setiap hari, jauhkan dari gangguan predator yang pastinya sangat menggangu kenyamanan ternak lovebird kita.

Bila artikel ini bermanfaat bagi sobat kicau semua, kami mengapresiasi bila sobat kicau mau membagi dengan cara share artikel ini ke Facebook.

Label: